Sabtu, 07 September 2013

Aplikasi Pembukuan Bendahara Pengeluaran 2013 V.I 07 September 2013

Sejak diterbitkannya Perdirjen Perbendaharaan No. 47/PB/2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Bendahara menjadikan Bendahara lebih mudah dalam melakukan pembukuan. Pada Perdirjen ini, seorang Bendahara diperbolehkan membuat pembukuan dengan komputerisasi dan dicetak paling tidak 1 bulan sekali. Meskipun semakin dipermudah dalam pembukuan, namun tuntutan-tuntutan lain yang menyita banyak waktu dan pekerjaan juga dilimpahkan kepada bendahara.
Pada satu sisi dipermudah, namun pada sisi lain ada beban yang siap menghadang. Hal ini kadang menjadikan Bendahara kurang memperhatikan masalah pembukuan karena adanya tugas dan beban yang segera diselesaikan terutama terkait pencairan dana.
Mengingat hal inilah kami berusaha mempermudah tugas bendahara terutama terkait dengan pembukuan bendahara. Kami mencoba dengan segala keterbatasan untuk memperingan tugas bendahara dengan membuat Aplikasi Pembukuan Bendahara. Sejak awal tahun 2012 kami sudah mengeluarkan Aplikasi dengan versi-versi perbaikannya karena masukan dari rekan-rekan yang turut serta menyumbangkan tenaganya untuk menguji coba Aplikasi sehingga Aplikasi dapat lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhan. Sampai bulan Oktober 2012, pembukuan 2012 masih sebatas mengeluarkan output BKU, BP Kas Tunai, BP Kas Bank, BP UP, BP LS Bendahara, BP Pajak, BP BPP, BP Lain-lain, LPJ Bendahara, BA Pemeriksaan Kas dan Rekonsiliasi serta Saldo Rekening. Pada aplikasi ini belum tersedia BP Pengawasan Anggaran Belanja karena belum mampunya kami untuk merealisasikan yang diharapkan rekan-rekan dengan melengkapi BP Pengawasan Anggaran.
Di bulan Nopember 2012 kami berusaha melengkapi Aplikasi Pembukuan dengan BP Pengawasan Anggaran Belanja dengan harapan tuntutan Peraturan dapat terpenuhi.

Aplikasi Pembukuan Bendahara 2013 V.H adalah perbaikan dan penambahan fasilitas dari versi-versi sebelumnya. Semoga dengan perbaikan ini dapat memaksimalkan aplikasi.

Output Aplikasi ini terdiri dari :
- Buku Kas Umum
- BP Kas Tunai
- BP Kas Bank
- BP Uang Persediaan
- BP LS Bendahara
- BP Bendahara Pengeluaran Pembantu
- BP Pajak
- BP Lain-Lain
- BP Pengawasan Anggaran Belanja (Untuk Versi 2013 V.E)
- LPJ Bendahara
- BA Pemeriksaan Kas dan Rekonsiliasi
- Laporan Realisasi Anggaran/Belanja (berdasar basis akrual)
- BA Penutupan Kas
dll

Untuk mendapat Serial Number aplikasi dengan memberikan donasi sebesar Rp. 200.000,- ke :

Rekening BRI Cabang Gombong
No. 0134-01-025248-50-1
a.n KHAMDI RAHMANI

Setelah melakukan transfer Donasi, mohon segera melakukan konfirmasi dengan mengirimkan format :

SNBV#Kode Satker#Tanggal transfer
ke No HP. 085328635677 atau email khamdirahmani@gmail.com

Info lebih lanjut di www.hasnaproduction.webs.com